Friday, August 5, 2016

China Ban Korean Idols and Dramas Amid THAAD Dispute



Dear guys,

I am sorry for late article. Today I want to talk news about China ban Korean idols and dramas amid THAAD dispute. 

Selama ini China dan Korea Selatan terkenal memiliki hubungan yang baik. Namun, belakangan ini hubungan antara China dan Korea sedang tidak baik dikarenakan rencana penempatan misil THAAD di Seoul. Misil THAAD adalah pelindung misil dari Amerika yang akan ditempatkan di Korea Selatan pada tahun 2017 untuk menghadapi Korea Utara. Hal ini mendapatkan tentangan dari China dan Rusia yang menganggap misil THAAD dapat digunakan untuk memata-matai pemerintah China. China pun memberikan peringatan keras bahwa penempatan misil THAAD dapat mengganggu hubungan antara China dan Korea. Hal ini dibuktikan dengan adanya "rumor" pelarangan selebritis Korea Selatan untuk melakukan aktivitas komersial di China.  

Menurut rumor yang beredar pemerintah China melalui SARFT (China's State of Administration, Press, Publication, Radio, Film and Television) telah melarang acara TV yang diproduksi oleh perusahaan Korea Selatan ataupun melibatkan selebritis Korea Selatan. Tidak hanya itu, para idola atau selebritis Korea Selatan pun dilarang mengadakan aktivitas di China. Konser yang diadakan pun dibatasi hanya boleh maksimal didatangi oleh 10.000 penggemar. Kontan hal ini menimbulkan kepanikan di Korea Selatan. Hal ini terlihat dari turunnya harga saham perusahaan entertainment Korea Selatan seperti SM, YG, dan JYP. Namun, berdasarkan penyelidikan, instruksi tersebut tidak dibuat secara tertulis melainkan melalui verbal. Dua stasiun TV di China mengatakan bahwa mereka telah diinformasikan bahwa pembuatan acara TV yang melibatkan aktor Korea Selatan atau berasal dari Korea Selatan tidak akan mendapat persetujuan untuk ditayangkan. Namun, acara yang telah mendapatkan persetujuan tidak akan terpengaruh. Meskipun, rumor ini belum dapat dibuktikan, beberapa aktivitas yang melibatkan aktor atau idola Korea Selatan telah dibatalkan secara mendadak. Meskipun kebijakan ini terlihat tidak menyenangkan, namun ternyata banyak masyarakat China yang mendukungnya. Mereka menganggap bahwa aktor atau idola Korea Selatan hanya datang ke China untuk mengeruk keuntungan tanpa berniat untuk mempelajari budaya ataupun bahasa China. Dan seringkali dianggap merendahkan penduduk China. 

Updated#1 : Ini adalah list drama China-Korea yang didesas desuskan di larang tampil di stasiun TV China beserta selebritis Korea Selatan.



So, akan jadi seperti apakah perkembangan selanjutnya antara China vs Korea Selatan ??? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.



Have a nice day everyone ^^



Regards, 
Angela

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment