Tuesday, May 17, 2016

Time Logger : Is it really necessary ????


                                             
Source: learnoutlive.com


Dear All,

Nice to meet you again. Thank you for keep following this blog

Now I would like to share about Time Logger. What is Time Logger ? Is it really important to use time logger ????

Pertama saya ingin menjelaskan mengenai apa itu Time Logger. Time Logger adalah alat bantu untuk mencatat aktivitas kita sehari-hari. Aktivitasnya sendiri disebut dengan Time Logging. Bagi sebagian orang, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mereka memerlukan planning atau schedule seperti jam berapa harus belajar, jam berapa makan, mandi, istirahat, dan sebagainya. Namun, sering kali karena satu dan lain hal mereka tidak dapat melakukan apa yang telah direncanakan tersebut. Oleh karena itu lha dibutuhkan alat bantu yang disebut dengan Time Logger. Lalu bagaimana cara kerja Time Logging ??? Mengapa pula perlu melakukan Time Logging ???

Time Logging bisa dilakukan secara manual ataupun menggunakan bantuan aplikasi di Google Play Store atau App Store. Saat ini sudah banyak aplikasi Time Logger yang tersedia yang memiliki karakteristik masing-masing. Namun, memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mencatat aktivitas sehari-hari yang telah dijalankan. Bila dilakukan secara manual, yang bersangkutan cukup mencatat apa saja kegiatan sehari-hari yang dilakukan misalnya dari jam 7-9 pagi, apa kegiatan yang dilakukan, dari jam 9-10 pagi apa kegiatan berikutnya, begitu seterusnya hingga tidur. Tentunya bagi sebagian orang kegiatan ini sangat merepotkan karena harus terus menyiapkan kertas dan alat tulis untuk mencatat. Untuk itu, saya sangat menyarankan agar menggunakan aplikasi yang sudah tersedia. Proses yang diperlukan pun sangat sederhana, cukup mendownload aplikasi tersebut dan menyalakan aplikasi tersebut sebagai ganti menulis. Mengingat membawa HP merupakan hal yang umum, tentu hal ini tidak lha menyulitkan. 

Aplikasi Time Logger yang bisa ditemukan di Google Play Store secara gratis antara lain : aTimeLogger, Time Tracker - Timesheet, Timesheet - Time Tracker, dsb. Saya sendiri menggunakan aplikasi aTimeLogger karena ini aplikasi pertama yang saya temukan di Google Play Store. Dan so far saya merasa puas dengan aplikasi ini. Di samping mencatat aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Aplikasi ini juga dapat membatasi atau mencapai aktivitas yang ingin dicapai. Misalnya saya ingin membatasi kegiatan bermain internet selama 2 jam, maka apabila aktivitas bermain internet telah mencapai 2 jam, aplikasi tersebut akan memberikan sinyal agar saya menghentikan aktivitas tersebut. Begitu pula sebaliknya. Namun, tentu saja saya sendiri belum mencoba aplikasi Time Logger yang lain. So, bagi yang berminat bisa mencoba-coba aplikasi Time Logger mana yang paling sesuai untuk dirinya. 

Time Logging terkesan sangat merepotkan, namun kegiatan ini diperlukan sebagai bagian dari self discipline agar kita kerap mematuhi planning yang telah dibuat dan semakin menyadari kemana sebagian besar waktu kita dihabiskan. Waktu adalah aset berharga yang tidak akan bertambah jumlahnya. Waktu yang telah terbuang tidak akan pernah kembali lagi. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.  

So, keep your self discipline with time logging everyone ^^


Regards, 
Angela


No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment