Monday, May 16, 2016

No Regrets




Dear All, 

I'm back. It's night time in my country but I still want to post it now. Here we go 

Siapapun dari kita pasti pernah mengalami yang namanya penyesalan, baik dalam hal besar maupun kecil. Penyesalan tersebut sering kali datang tanpa dapat dicegah meskipun kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk mengambil keputusan yang terbaik. Namun pada saat yang bersamaan kita semua juga mengetahui bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Kita semua pasti akan berbuat kesalahan baik sekarang ataupun nanti. Lalu mengapa kita tetap menyesal ? Penyesalan adalah hal yang manusiawi. Dengan penyesalan, kita menyadari bahwa kita telah melakukan sebuah kesalahan atau mungkin rangkaian dari keputusan yang salah yang seharusnya bisa dicegah. Lalu kenapa di sini perlu merasa tidak menyesal ?! 

No Regrets disini yang penulis maksudkan adalah kita tidak seharusnya menjadi sosok yang rendah diri karena kita melakukan kesalahan yang mungkin dicerca oleh banyak orang. Kita tidak perlu merasa malu dan larut dalam perasaan bersalah yang berlebihan. Tidak ada orang yang dapat meramalkan masa depan. Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang telah melakukan bermacam-macam kesalahan dan mengalami kegagalan. Kita dapat melihat contoh-contoh nyata orang yang sukses diawali dengan kegagalan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada yang namanya keberhasilan atau kesuksesan yang instan. Ada pula pepatah yang mengatakan lebih baik menyesal karena telah mengambil keputusan yang salah daripada menyesal karena tidak mengambil keputusan sama sekali. Penulis akui bahwa kegagalan itu sangatlha menyakitkan apalagi bila didampingi dengan perasaan bersalah dan penuh penyesalan. 

Sebagian orang akan mengatakan it's easier than done. Yes it's true. Sangatlha sulit untuk bangkit dari kegagalan dan penyesalan. Itulha sebabnya tidak semua orang dapat bangkit dari kegagalan karena mereka tidak dapat mengalahkan penyesalan mereka. Mereka yang dilanda penyesalan hanya akan semakin menutup dan menyalahkan diri atas keputusan yang telah mereka buat bahkan bukan tidak mungkin menjadi depresi dan tidak dapat mengambil keputusan berikutnya. Hanya orang-orang yang dapat mengalahkan penyesalan mereka lha yang dapat segera maju, belajar dari kesalahan, dan kembali berusaha. Akan selalu ada jalan bagi mereka yang tidak menyerah sebesar apapun kegagalan yang dialami.

Lao Tzu mengatakan "The Journey of a thousand miles begin with a single step". Dan dalam setiap step-step berikutnya, kita akan mengalami kegagalan. Namun kegagalan tersebut janganlah disesali karena penyesalan hanya akan membuat semuanya menjadi sia-sia. Penyesalan hanya akan membuat hidup yang indah ini menjadi penuh dengan beban dan tidak seharusnya beban masa lalu tersebut menggerogoti kebahagiaan kita di masa kini dan impian kita di masa depan. Sebaliknya kegagalan tersebut haruslha dijadikan sebagai motivasi untuk berusaha lebih baik lagi. Kita seharusnya berbangga hati karena telah melakukan kegagalan karena itu berarti perjalanan kita menuju kesuksesan telah dimulai.  There will always be another way and another opportunity as long as you never give up. And never give up should begin with the feelings of no regret. 


You cannot make other people love you if you don't love yourself. 
You cannot make other people respect you if you don't respect yourself. 
So everyone just keep your head up and don't let other people make you down 


Have a night dream everyone ^^


Regards, 
Angela


No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment