Thursday, August 14, 2014

Our Lives : Learn From It

 Dear All,

Saya ingin membuka artikel ini dengan pertanyaan : siapa yang tidak pernah mengalami musibah, bencana, atau peristiwa menyakitkan dalam hidupnya ? siapa yang tidak pernah melakukan kesalahan yang berakibat fatal dan menimbulkan penyesalan ? Semua pasti pernah mengalami hal tersebut karena itu lah esensi menjadi manusia. Sama seperti roda kehidupan yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Kalau begitu, apakah kita harus menyukai hal tersebut ? Tidak juga, karena pada dasarnya tidak ada yang ingin disakiti dan itu wajar. Lalu bagaimana kita harus menghadapi peristiwa menyakitkan tersebut ? 

Hanya satu : be tough and learn from it. Apapun peristiwa yang menimpa kita, kita pasti akan bisa melewati semua itu karena Tuhan tidak pernah memberikan cobaan yang tidak dapat kita lalui. Dalam setiap peristiwa yang menimpa kita, baik atau buruk, selalu ada hikmah yang bisa diambil. Tapi saya tidak dapat mengambil hikmah dari peristiwa menyakitkan yang saya alami ? yah benar, pada saat itu kita tidak dapat melihat hikmah dari peristiwa tersebut karena hati dan pikiran kita sedang dipenuhi dengan kelabu. Pada saat itu kita tidak membuka pikiran kita untuk memaknai peristiwa tersebut dengan bijaksana. Pada saat-saat seperti itu, ada baiknya kita berdoa dan menenangkan diri baru kemudian merenungi dan mengevaluasi apa yang sebenarnya terjadi dan apa hikmah di balik itu semua. 

Sama seperti tembok China, mungkin beberapa dari kita sudah pernah pergi ke tembok China. Bila kita jalani, jalannya berliku-liku. Namun, apabila kita melihatnya dari bulan, maka terlihat seperti sebuah garis lurus. Semua peristiwa yang terjadi dalam hidup kita dapat memberikan pengaruh yang baik atau buruk tergantung bagaimana cara kita memaknainya. Peristiwa yang sama bisa menimbulkan efek yang buruk, bila kita tidak bersikap bijaksana. Namun, bisa pula berakibat baik bila dimaknai oleh orang yang bijaksana dan mau melihat jauh ke depan. Tapi saya tetap tidak bisa, so what ? Itu juga benar. Sama seperti pepatah mengatakan: "If you think you can, you are right. And if you think you cannot, you are also right". Orang yang sukses dan bahagia adalah mereka yang mampu berkata "saya bisa" tidak peduli sesulit dan semustahil apapun itu. Harapan saya semoga kita semua dapat menjadi orang yang bahagia, sukses, dan bijaksana. Hidup terlalu singkat hanya untuk diisi dengan ratapan kesedihan, penderitaan, dan penyesalan.

Regards,
Angela

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment